Senin, 30 Mei 2016



MySQL adalah sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (DBMS) yang multithread, dan multi-user. MySQL adalah implementasi dari system manajemen basisdata relasional (RDBMS). MySQL dibuah oleh TcX dan telah dipercaya mengelola system dengan 40 buah database berisi 10.000 tabel dan 500 di antaranya memiliki 7 juta baris.

Kali ini untuk membuat database MySQL, kita akan membuatnya menggunakan Command Prompt. Sebelum itu, disarankan anda untuk mengunduh MySQL di situs
resminya, yaitu https://dev.mysql.com/downloads/installer/ . Untuk menyesuaikan dengan temanya, maka download program MySQL dalam bentuk .rar/.zip, yang sesuai dengan jenis processor Anda, seperti gambar berikut :





Setelah di download, ekstrak file tersebut terserah dimana anda simpan













Jika sudah, buka folder yang sudah di-ekstrak sebelumnya, kemudian salin folder “mysql-5.7.12-winx64” (jika mengunduh yang 64bit) ke Local Disk (C:). Setelah itu, anda rename nama folder tersebut menjadi “mysql”.

Kemudian untuk menginstallnya buka Command Prompt (cmd) sebagai Run as Administrator, kemudian ikuti langkah berikut :
  • Ketik cd ../../mysql/bin
  • Ketik mysql --version 
  • Ketik mysqld --initialize
  • Ketik mysqld install
Jika sudah, buka program “Services” (bisa cari di run)


Cari dan pilih MySQL kemudian jalankan (run) dengan klik  tombol play warna hijau, maka MySQL telah berjalan









Setelah itu lakukan log in ke dalam mysql dengan mengetik “mysql –u root -p”, lalu terdapat perintah untuk memasukkan password. Untuk mendapatkan password tersebut, buka file .err dengan Notepad, seperti gambar berikut.



















Jika sudah, salin password tersebut ke dalam cmd lalu tekan enter










Untuk dapat melihat database, kita harus mengganti password terlebih dahulu seperti gambar berikut.






Jika sudah, ketik “exit” lalu login kembali seperti cara no. 6 dengan password baru yang telah diganti, baru kita bisa menampilkan database dengan ketik “show databases;”

















Untuk membuat database kita ketik “create databases” dan  untuk mengedit isi dari database tersebut, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan :
a.       Membuat dan Menampilkan Tabel
Sebelum membuat tabel, kita harus memilih database yang sudah kita buat dengan ketik “use nama_databases (use lat)”, kemudian ketik “create table nama_table (nama_atribut tipe(jumlah) )”, lalu untuk menampilkan tabel, ketik “show tables” :


b.       Menyisipkan Data Tabel
Untuk menyisipkan isi data, ketik “insert into nama_tabel values (isi_atribut)”, kemudian untuk menampilkannya ketik ”select * from mahasiswa” :


c.       Mengubah Isi Data Tabel
Untuk mengubah isi data, ketik “update nama_tabel set nama_atribut=isi_baru where nama_atribut=kode_unik” :


d.       Menghapus Tabel
Untuk menghapus tabel, ketik “drop table nama_tabel” :




  


  







0 komentar :

Posting Komentar