Sabtu, 10 Oktober 2015




Sebagai bagian civitas akademika Politeknik Negeri Bali, mahasiswa di samping mendapatkan kegiatan kurikuler juga ekstrakurikuler yang bertujuan mengembangkan bakat dan kepribadiannya di masa mendatang. Untuk menjalankan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan tersebut dibutuhkan suatu wadah atau organisasi kemahasiswaan.
Organisasi kemahasiswaan merupakan wadah yang dibentuk berdasarkan azas dari, untuk, dan oleh mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler. Setiap mahasiswa Politeknik adalah anggota Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Politeknik Negeri Bali. Di Politeknik Negeri Bali organisasi kemahasiswaan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku terdiri dari: Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Politeknik Negeri Bali (MPM), Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Bali (BEM), Himpunan Mahasiswa Jurusan Politeknik Negeri Bali (HMJ), dan Unit Kegiatan Mahasiswa Politeknik Negeri Bali (UKM).

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa.
Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) merupakan lembaga tertinggi di bidang Legislatif dan Yudikatif. Fungsionaris MPM merupakan utusan dari organisasi kemahasiswaan yang ada di Politeknik Negeri Bali, yaitu utusan dari 16 UKM dan 6 HMJ, sehingga fungsionaris MPM terdiri dari 22 orang. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya MPM dibagi menjadi beberapa komisi yaitu:

  1. Komisi A: Keilmuan dan Penalaran.
  2. Komisi B: Minat dan Bakat.
  3. Komisi C: Pengabdian Masyarakat.
  4. Komisi D: Kesejahteraan Mahasiswa. 
Komisi-komisi tersebut memiliki tugas untuk memberikan usul dan saran serta mengawasi kinerja dari BEM yang juga dibagi menjadi beberapa bidang. 

Badan Eksekutif Mahasiswa.
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan badan tertinggi di bidang Eksekutif yang dalam kesehariannya juga menaungi UKM dan HMJ selain menjalankan program kerjanya di BEM itu sendiri. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya BEM dibagi menjadi beberapa bidang, yaitu:

  1. Bidang 1: Keilmuan dan Penalaran.
  2. Bidang 2: Minat dan Bakat.
  3. Bidang 3: Pengabdian Masyarakat.
  4. Bidang 4: Kesejahteraan Mahasiswa. 

Himpunan Mahasiswa Jurusan.
Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat jurusan yang dibentuk oleh mahasiswa jurusan tersebut. Di Politeknik Negeri Bali telah berdiri 6 HMJ yaitu:

  1. Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin.
  2. Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro.
  3. Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil.
  4. Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi.
  5. Himpunan Mahasiswa Jurusan Pariwisata.
  6. Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga. 
Unit Kegiatan Mahasiswa.
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi yang menghimpun mahasiswa dalam suatu kegiatan untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat dari mahasiswa Politeknik Negeri Bali. Sampai saat ini telah berdiri 16 UKM yaitu:

  1. UKM Band.
  2. UKM Basket.
  3. UKM Bulutangkis.
  4. UKM Catur.
  5. UKM English Club.
  6. UKM Jepang.
  7. UKM Jurnalistik.
  8. UKM Karawitan.
  9. UKM Kesenian Daerah.
  10. UKM Kesenian Nasional.
  11. UKM Komputer.
  12. UKM Mapala.
  13. UKM Perisai Diri.
  14. UKM Sepak Bola.
  15. UKM Tenis Meja.
  16. UKM Voley.
source : google.co.id

0 komentar :

Posting Komentar